Tuesday, December 28, 2010

The 2nd RSBI SCIENCE CAMP 2011


» Latar Belakang
Mengacu pada visi pendidikan nasional kita, maka karakteristik visi SBI adalah “terwujudnya insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif secara internasional” Visi tersebut memiliki implikasi bahwa penyiapan manusia yang mampu berdaya saing secara global memerlukan upaya upaya yang dilakukan secara intensif, terarah, terencana, dan sistematik agar dapat mewujudkan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang maju, sejahtera, damai, dihormati, dan diperhitungkan oleh bangsa – bangsa lain. Dan jika dilihat pada Undang-Undang Dasar 1945 (yang diamandemen), pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diamanatkan bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama. Pasal 50 Ayat 3 dinyatakan bahwa Pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional.
Sekolah Menengah Pertama di Indonesia yang dikembangkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) mengacu program nasional untuk mensukseskan wajib belajar pendidikan 9 (sembilan) tahun. Dalam pelaksanaannya untuk mengaktualisasikan kedua filosofi tersebut, menggunakan empat pilar pendidikan yaitu learning to know, learning to do, learning to live together, and learning to be yang merupakan patokan berharga untuk menyelaraskan praktik-praktik penyelenggaraan pendidikan yang bermutu di Indonesia; mulai dari kurikulum, guru, proses belajar mengajar, sarana dan prasarana, hingga sampai proses penilaian. Misalnya, pembelajaran tidaklah sekedar memperkenalkan nilai-nilai (learning to know), tetapi juga harus bisa membangkitkan penghayatan dan mendorong menerapkan nilai-nilai tersebut (learning to do) yang dilakukan secara kolaboratif (learning to live together) dan menjadikan peserta didik percaya diri dan menghargai dirinya (learning to be).
Seiring dengan bergulirnya waktu dan berbagai upaya seluruh stakeholder maka telah diverifikasi Sekolah Menengah Pertama di Indonesia sebagai penyelenggara RSBI mulai tahun 2007 sebanyak 102 sekolah, tahun 2008 sebanyak 102 sekolah dan tahun 2009 sebanyak 93 sekolah yang juga diimbangi dengan pemerataan pendidikan untuk seluruh lapisan masyarakat. Sekolah Bertaraf Internasional dilatarbelakangi antara lain dengan alasan, Pertama, era globalisasi menuntut kemampuan daya saing yang kuat dalam teknologi manajemen dan sumber daya manusia. Keunggulan teknologi akan menurunkan biaya produksi, meningkatkan kandungan nilai tambah, memperluas keragaman produk, dan meningkatkan mutu produk. Kedua, didasari oleh filosofi eksistensialisme dan esensialisme (fungsionalisme). Filosofi eksistensialisme berkeyakinan bahwa pendidikan harus menyuburkan dan mengembangkan eksistensi peserta didik seoptimal mungkin melalui fasilitasi yang dilaksanakan melalui proses pendidikan yang bermartabat, pro-perubahan (kreatif, inovatif, dan eksperimentatif), menumbuhkan dan mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan peserta didik.
Berbagai upaya yang dilakukan untuk keberhasilan Program RSBI, misalnya dimulai dari kegiatan yang banyak melibatkan Kepala Sekolah RSBI sebagai Top Leader dalam pengelolaan RSBI di lapangan dan pemegang kebijakan program pemerintah yang diimplementasikan di unit kerjanya, aktif dan responsif untuk maju dan mengembangkan diri agar memiliki visi internasional dan kemampuan manajerial yang baik.
Sedangkan di forum guru juga banyak menyelenggarakan kegiatan – kegiatan bermutu untuk menempa diri dengan mengadakan even yang mengundang praktisi pendidikan dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama – Depdiknas - Jakarta , dan mengikuti berbagai pelatihan & workshop pembelajaran MIPA bilingual, ikut pengiriman tenaga guru untuk meningkatkan kualifikasi pendidikannya, pengiriman tenaga guru untuk mengikuti program – program bagi tenaga guru di dalam dan luar negeri, berperan aktif dalam berbagai forum komunikasi RSBI mulai dari tingkat Klaster sampai Tingkat Nasional serta berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan dan mengembangkan profesi.
Era globalisasi terus bergulir, memacu kita untuk senantiasa berpikir aktif dan kreatif sehingga anak didik kita akan menjadi generasi yang mampu bersaing di tingkat internasional. Anak didik dari SMP RSBI diharapkan semakin meningkatkan prestasi akademik dan non akademik di tingkat nasional bahkan internasional. Kegiatan bagi siswa RSBI bisa diwujudkan dengan mengikutsertakan mereka dalam olimpiade – olimpiade di level yang lebih tinggi.
Untuk itu dalam rangka mewujudkan Kegiatan positif yang bisa memotivasi Kepala Sekolah, guru, siswa dan pemerintah adalah merupakan komitmen kami. Sebagai wujud komitmen itu, kami akan menggelar
“The 2nd RSBI SCIENCE CAMP 2011” . Yakni, sebuah acara yang menggabungkan olimpiade siswa RSBI, seminar guru dan Rapat Kerja Kepala Sekolah pada Sekolah Bertaraf Internasional dan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, pameran produk yang dipadu dengan kegiatan tematik lainnya. Semua kegiatan edukatif ini melanjutkan agenda tahunan yang pernah dirintis di Jakarta 2009.

» Tujuan
 A. Tujuan Umum
  1. Peningkatan mutu pendidikan secara kontinu dengan pengambilan langkah langkah sistematis.
  2. Menumbuhkan semangat berkompetisi yang sehat di kalangan pelajar.
  3. Memberikan motivasi bagi tenaga pendidik untuk senantiasa mengembangkan diri.
  4. Bahan pengambil kebijakan di bidang pendidikan dengan memfasilitasi program – program yang tepat untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia
  5. Mengukur tingkat ketercapaian program RSBI.
 B. Tujuan Khusus 
     a. Bagi Sekolah
  1. Meningkatkan prestasi anak didik. meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah RSBI
     b. Bagi Kepala Sekolah
  1. Memberikan persepsi yang sama tentang penyelengaraan sekolah bertaraf Internasional
  2. Berbagi pengalaman tentang konsep – konsep yang inovatif yang bisa dikembangkan
  3. Mengembangkan RSBI sesuai dengan 8 Standar Nasional P endidikan dengan ditambah dimensi keinternasionalan
  4. Meningkatkan komitmen yang kuat untuk mengelola sekolah dengan prioritas keberhasilan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional
     c. Bagi Guru
  1. Menumbuhkan motivasi untuk mengembangkan diri
  2. Peningkatan mutu SDM yang profesional
  3. Menambah wawasan bagi guru RSBI untuk meningkatkan diri
  4. Wahana sharing dan menimba ilmu untuk mengembangkan sekolah
     d. Bagi siswa :
  1. Memberikan motivasi untuk berkompetisi sehat
  2. Menumbuhkan semangat dalam kebersamaan
  3. Unjuk prestasi dan ajang untuk menempa diri
Tempat Penyelenggaraan
Alamat : 
Jl. Mulyorejo Kampus C UNAIR
Pameran : Auditorium Kampus C UNAIR, Surabaya, Jawa Timur
Lomba : Gedung Fakultas Sains dan Teknologi Jl. Mulyorejo Kampus C UNAIR, Surabaya 60115 Telp/Fax: 031-5936502,
Denah : 

No comments: