Sunday, May 23, 2010

Dasar-Dasar Teknologi Informasi

Pengertian Teknologi Informasi

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi informasi?
Apakah teknologi informasi itu identik dengan komputer? Apakah benar telepon seluler juga merupakan bagian teknologi informasi? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering dilontarkan, kita dengar, dan untuk menemukan jawabannya kita perlu memahami pengertian teknologi informasi itu sendiri.

Teknologi informasi (Information technology) biasa disebut TI atau IT. Berbagai definisi tentang informasi seperti tabel definisi teknologi berikut ini memberi gambaran lebih lanjut tentang teknologi informasi.

Dari definisi tersebut terlihat bahwa teknologi informasi tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

Penjelasan atas dua teknologi yang mendasari teknologi informasi adalah sebagai berikut :
Teknologi Komputer
Teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, hardisk, flopy drive, CD-ROM, LCD Projector dan sebagainya.
Komputer adalah mesin serba guna (perangkat elektronik) yang dapat dikontrol olehprogram, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.
Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.
Data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka, gambar maupun suara.
Informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.



Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Yang termasuk dalam kategori teknologi informasi adalah telepon, radio, televisi, dan Internet

Peralatan-peralatan pada Sistem TIK adalah seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan proses informasi. Misalnya alat-alat seperti komputer (PC / Notebook), Intranet, internet, Radio, Telepon, Televisi, Printer, LCD Projector, dan lain-lain. 
Perkembangan teknologi telah membawa perubahan besar terhadap tatanan dan cara hidup manusia. Setiap jenis pekerjaan dituntut untuk dapat dikerjakan dengan cara yang cepat dan tepat dan solusi terbaik adalah penggunaan Teknologi Informasi. 


Komputer sebagai salah satu perangkat pendidikan. Perkembangan teknologikomputer berimplikasi terhadap penyiapan tenaga kerja yang siap untuk menggunakan  teknologi ini. Pendidikan, utamanya pada SMP (Pendidikan Dasar 3 tahun terakhir) bertujuan untuk menghasilkan peserta didik/siswa terlatih di bidang pengetahuan komputer, mengembangkan bakat dan minat keterampilan komputer, dan dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi ataumemanfaatkan teknologi ini untuk bersaing di dunia kerja.

No comments: